Hari Palang Merah Se-Dunia 2021, Semangat PMI Mencari Relawan Donor Darah

Hari Palang Merah Se-Dunia 2021, Semangat PMI Mencari Relawan Donor Darah

Bacaan Lainnya

Tarakan, Kalpress – Tanggal 8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Dunia dan diambil dari tanggal lahir Henry Dunant, pendiri dari Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Dalam hal ini, PMI Kota Tarakan mengadakan beberapa kegiatan untuk merayakan hari jadi Palang Merah sedunia.

Sekretaris PMI Kota Tarakan, Amrin menjelaskan rentetan kegiatan pada hari ini, “Yang pertama pembagian sembako, yang kedua pengobatan gratis kemudian kita ada bisa PMI yaitu bincang santai bersama PMI dengan tiga narasumber yaitu memang dari kalangan relawan karena relawan inilah yang menjadi ujung tombak kita di lapangan dalam memberikan pelayanan baik dalam masa damai maupun saat tanggap darurat” jelasnya.

Amrin juga mengakui, kebutuhan darah selama bulan ramadhan sangat tinggi yang membuat PMI kota Tarakan tidak gentar untuk melakukan berbagai upaya dalam menangani hal tersebut.

Sementara itu salah satu dokter, Dr. Edi Samodro menjelaskan tentang kebutuhan golongan darah yang saat ini mengalami kenaikan yang tinggi.

“sesuai dengan permintaan yang paling dominan O ya karena masyarakat Indonesia kan paling banyak O, urutannya O, A, B yang terakhir itu AB” Jelasnya.

Untuk saat ini, PMI Kota Tarakan melayani 5 rumah sakit yang terbagi 4 rumah sakit Tarakan dan 1 rumah sakit provinsi. Dr. Edi juga menjelaskan bahwa dalam 1 bulan PMI kota Tarakan menerima kebutuhan darah dapat mencapai 800-1000 kantong perbulan.

 

Penulis : Endah Agustina

Editor : Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *