Vaksinasi Harus Di Barengi Sosialisasi Mutu dan Manfaat Secara Masif Serta Membudaya.

Penulis : Muhammad Nasar
Ketua HMI Cabang Tarakan

Kalpress – Makin maraknya jumlah kasus Covid – 19 di beberapa daerah di Indonesia khususnya di Kota Tarakan membuat pemerintah perlu mengadakan beberapa solusi untuk menekan jumlah Kasus Covid-19 tersebut. Salah satu langkah yang di ambil pemerintah yaitu memberikan suntikan vaksin kepada tenaga kesehatan dan masyarakat hal ini dibuktikan dengan pemberian persetujuan Emergency Use Authorization untuk vaksin Coronavax
Produksi Sinovaca Biotech Inc. Yang bekerjap sama dengan PT. BIO Farma dan distribusi vaksin tersebut sudah dilakukan kebeberapa daerah Termasuk kalimantan utara. Langkah ini digadang-gadang sebagai salah satu cara untuk mempercepat pemulihan kesehatan dan pemulihan ekonomi secara nasional.

Bacaan Lainnya

Namun, menjadi pertanyaan apakah masyarakat secara luas mengatahui informasi tentang sesuatu yang akan di suntikkan ke tubuh mereka, apalagi ada ancaman pidana bagi masyarakat yang menolak?? Masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan informasi tentang vaksin ini. Bukan hal yang mengherankan jika ada masyarakat yang ragu bahkan
takut untuk melakukan suntik vaksin.

Penting bagi pemerintah untuk melakukan Sosialisasi kepada masyarakat, jika proses
sosialisasi dapat dijalankan dengan baik sehingga masyarakat mengerti dan paham betul mengenai manfaat dari Vaksin ini maka bukan hal yang mustahil bahwa tidak diperlukan lagi jargo-jargon ajakan untuk melakukan vaksin malahan masyarakat sendiri yang akan berlomba-lomba untuk melakukan vaksin Covid-19 dengan sukarela.

Dalam hal sosialisasi juga perlu untuk mengedepankan kondisi dan data yang sesuai dengan realita serta keterbukaan informasi bagi masyarakat terkait Vaksin ini, Silahkan sampaikan apa saja manfaatnya namun jika ada efek sampingnya harus pula disampaikan dengan jujur kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat harus memahami bahwa vaksin bukanlah satu-satunya cara untuk meminimalisir jumlah kasus Covid – 19. Tetapi dibutuhkan pula kesdaran masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan terkhusus 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) dan 3T (Tracing, testing, Treatment) – yang walaupun 3T ini juga belum familiar di masyarakat.

Tentunya, Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri namun perlu adanya mitra untuk menjadi garda terdepan dalam memudahkan proses sosialisasi Vaksin Covid – 19. Sebagai kaum intelektual yang selalu mengedepankan Objektifitas, Rasionalitas dan sikap Kritis harus
Elemen Mahasiswa dan Pemuda diharapkan mampu menjadi mitra bagi Pemerintah dalam memberikan informasi yang jelas dan edukasi di lingkungan masyarakat dan mahasiswa juga harus menjadi filter dari berita bohong (hoax). Pada kondisi sulit seperti sekarang ini kita harus saling bahu membahu, mengenyampikan kepentingan golongan dan kepentingan pribadi.
Maka dari itu penting untuk mengajak seluruh elemen untuk bekerja sama demi kepentingan bangsa dan negara ini.

Kita semua paham betul bahwa semua masyarakat memang memiliki Hak di Negara ini. Namun, kita juga tidak boleh melupakan bahwa masyarakat juga memiliki kewajiban sebagai warga negara. Terima Kasih.

Yakin Usaha Sampai, Billahi Taufiq Wal Hidayah, Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *