Mulai Dari Bersih-Bersih Pantai, Bansos dan Pembentangan Bendera, KNPI Kaltara Peringati Sumpah Pemuda 2020.

Tarakan, Kalpress – Memperingati hari Sumpah Pemuda, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan kegiatan pembersihan sampah di pantai Amal Kota Tarakan, Rabu (28/10/2020) Pagi.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh puluhan kader dibantu oleh beberapa stakeholder dan organisasi kepemudaan serta perwakilan instansi pemerintah.

Bacaan Lainnya

Saat dikonfirmasi, Ketua KNPI Kaltara Komaruddin menerangkan, jika kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian masyarakat dalam mengenang hari bersejarah sumpah pemuda. Ia bersyukur dalam kegiatan tersebut disambut antusias besar oleh warga sekitar pantai.

“Kegiatan ini adalah puncak hari sumpah pemuda yang ke 92, dengan OKP-OKP yang tergabung di KNPI bersama dengan mahasiswa-mahasiswa dan komunitas-komunitas, kami melakukan kegiatan bersih-bersih pantai. Alhamdulillah masyarakat di sekitar pantai amal sangat antusias turut membantu,”ujarnya, Rabu (28/10/2020).

Ia menjelaskan, lokasi pantai amal merupakan salah satu ikon wisata di Kota Tarakan. Oleh karena itu, dipilihnya pantai Amal sebagai lokasi kegiatan bakti sosial sangat tepat dalam memperbaiki citra Kota Tarakan.

“Karena salah satu ikon wisata Tarakan ini kan pantai amal. Kalau pantai kotor tentu ini menimbulkan kesan negatif dari Kota Tarakan.  Sehingga ini perlu menjadi perhatian kita bersama,”tururnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga KNPI Kaltara Ali Sadat menerangkan, selain membersihkan pantai, pihaknya bersama organisasi kepemudaan lainnya berhasil membentangkan bendera sepanjang 400 meter di bibir pantai. Lanjutnya, pembemtangan itu merupakan salah satu cita-cita KNPI yang akhirnya terwujud.

“Kalau dihitung-hitung mungkin kita membersihkan sekitar 700 meter. Di sepanjang pantai kan memang berserakan sampah-sampah yang cukup banyak. Bahkan cita-cita kami membentangkan sepanjang 400 meter di bibir pantai sudah tercapai,” jelasnya.

Sehingga dengan kegiatan sosial tersebut, sedikitnya pihaknya dapat mengumpulkan ratusan kilo gram sampah plastik yang sebelumnya berserakan di bibir pantai. (KT/RMA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *