Taat Prokes, Pelaksanaan PTM Sejumlah Sekolah di Kota Tarakan Berjalan Lancar

Taat Prokes, Pelaksanaan PTM Sejumlah Sekolah di Kota Tarakan Berjalan Lancar

Bacaan Lainnya

Tarakan, Kalpress – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang dilakukan oleh beberapa sekolah di Tarakan terbilang cukup aman dan kondusif dari kerumunan.

Salah satunya ialah Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 (SMPN 7) Tarakan yang sudah memulai PTM pada Senin 12 Juli 2021.

Diungkapkan langsung oleh Kepala Sekolah SMP N 7 Tarakan, Friny Napasti, S. Pd., M. Pd., menekankan kepada siswa agar dapat mandiri dalam belajar di dalam kelas.

“Ini hari kedua ya dan sistem mengajarnya guru didepan kelas dan tidak boleh mendekati siswanya, siswa juga tidak boleh saling meminjamkan alat tulis, meminjam buku kepada teman jadi harus mandiri dengan dirinya sendiri. Sepanjang pemantauan saya selama dua hari ini siswa paham, mereka mengerti tidak boleh bergerombol, ngobrol-ngobrol mereka paham” Selasa (13/07/2021).

Friny menuturkan untuk jam pembelajaran PTM di SMP Negeri 7 Tarakan dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan 10.20 dengan 21 Rombel.

“Kami ada 21 rombel ya dan cukup untuk digunakan PTM dan sistem PTM kami adalah PTM terbatas artinya kami membatasi jumlah siswa yang ada dikelas itupun yang benar-benar setuju orang tuanya untuk PTM. Kemudian kami full dari jam 08.00 sampai 10.20 jadi siswanya dibagi per kelompok yang hanya turun seminggu tiga kali saja”.

Lebih jauh, Friny menjelaskan untuk sistem daring tetap dijalankan dengan menggunakan beberapa aplikasi pembelajaran.

“Jadi sambil mengajar PTM sambil daring juga, untuk daring kami menggunakan aplikasinya pembelajaran SMP 7 dan sudah terkoneksi dengan Google Switch jadi memang pembelajarannya menggunakan Google classroom dan G – Meet untuk video conference nya”.

“Tapi kalau pada saat pembelajaran seperti itu (di kelas) maka yang diterapkan adalah penggunaan google classroom nya, jadikan guru tidak perlu ada bersama dengan siswanya jadi hanya pemberian materi dan tugas aja nah sementara G – Meet nya dilakukan di luar PTM dan sebulan biasanya dua kali” Pungkasnya.

 

Penulis : Endah Agustina

Editor : Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *