Sepekan Jelang Idul Adha, Sejumlah Harga Bahan Dapur Merangkak Naik

Sepekan Jelang Idul Adha, Sejumlah Harga Bahan Dapur Mulai Merangkak Naik

Bacaan Lainnya

Tarakan, Kalpress – Sepekan jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun 2021 Masehi, sejumlah harga bahan pokok terpantau cukup stabil, namun ada juga yang mulai merangkak naik.

Diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi (Disdagkop) dan UMKM Kota Tarakan, Untung Prayitno untuk harga yang mengalami kenaikan hanya pada dua komoditas pangan yaitu cabai dan ayam potong.

“Kalau berdasarkan pantauan atau monitoring harga dari teman-teman kita untuk lonjakan harga sementara ini masih relatif stabil, memang ada beberapa kenaikan harga biasa di cabai dan ayam yang lainnya masih normal” Rabu (14/07/2021).

Untung menjelaskan, kenaikan harga menjelang hari-hari besar disebabkan biasanya oleh permintaan konsumen yang tinggi terhadap pasar.

“Stok itu aman, tapi kalau menjelang hari raya itu stabil aja stoknya tapi permintaan banyak akhirnya bergejolak pada harga, kalau ayam kemarin saya dapat informasi ayam ini naik karena harga pakannya naik otomatis imbasnya juga ke dagingnya”.

Lebih jauh, ia menjabarkan sementara bahan dapur lainnya yang naik adalah harga cabai rawit sudah mencapai Rp 90 ribu sampai dengan Rp 100 ribu perkilogram, sedangkan ayam berada di posisi harga Rp 45 ribu.

“Ayam sekarang 45 kalau kemarin kan masih 30an saya maunya ayam itu 38-40an ribu lah tapi karen pakannya yang dari Surabaya segitu ya akhirnya imbasnya ke dagingnya”.

“Kalau harga daging sapi sama aja kayak kemarin tidak ada kenaikan, cabai hijau juga naik cuma Rp 5 ribu dari Rp 30 ribu ke Rp 35 ribu kemudian cabai tiu itu naik Rp 10 ribu dari Rp 60 ribu ke Rp 70 ribu kalau bawang merah dan putih tidak ada kenaikan, telur juga masih tetap Rp 45 ribu perpiringnya” Imbuhnya.

 

Penulis : Endah Agustina

Editor : Redaksi Kalpress.id

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *