Refleksi 74 tahun HMI, Kepala Daerah Sudah, Menteri Sudah, Saatnya Alumni Menjadi RI 1!

Penulis : Adry Setiawan Ramadhan
Kabid Partisipasi Pembangunan Daerah HMI Cabang Kota Tarakan

Kalpress – Kita tidak menafikkan bahwa alumni Himpunan Mahasiswa Islam ada dihampir setiap lembaga negara dengan berbagai macam profesi. Mulai dari ketua RT, Lurah, Camat, ada yang jadi Walikota, Gubernur bahkan ada juga alumni yang pernah menjda Wakil presiden indonesia.

Bacaan Lainnya

Ketika kita mengulik sejarah dahulu ada alumni yang hampir menjadi Presiden RI yaitu almarhum kakanda Nurcholish madjid atau sering di sapa Cak Nur pada saat lengsernya presiden Soeharto ada sebuah kesmpatan Cak Nur yang secara kekuatan hampir sebagian besar pejabat istana negara maupun pejabat parlemen mendukungnya tidak lain ada kakanda Amien Rais disitu, tapi dia menilai prosesnya inkonstitusional dan juga orientasinya tidak kepada jabatan sungguh sebuah kerendahan hati dari seorang cendikiawan.

74 tahun usia HMI dengan slogan mengokohkan semangat ke Islaman dan Ke Indonesiaan, saya sedikit mengutip kata Mantum sekum cabang Tarakan Kakanda Sukri Rabin Agus beliu berkata “Di HMI kita di ajarkan untuk kritis, argumentatif, membantah, menganalisis, mengintrupsi, melawan, dan juga menolak, sambil sesekali melempar kursi, turun ke jalan dan bakar bakar ban.

Bagi orang yang tidak suka HMI setidaknya itulah gambaran output pengkaderan HMI. Justru jenjang pengkaderan HMI upaya untuk mencerdaskan menjauhkan segala bentuk perbudakan dan penindasan tempat membesarkan kepala dalam artian kepala diisi dengan ilmu pengetahuan, karena dilakukan di tempat tempat yang besar dari masjid ke masjid dengan suara suara yg besar pula. Kemudian untuk mengecilkan kepala menguatkan etika, mendahulukan adab daripada ilmu, mengunci lidah itu di ruang kecil dan hening tempat bermunajat kepada Tuhan. Kader HMI menempati keduan tempat besar dan kecil ini yang seimbang maka Ridho Allah SWT sebagai cita-cita. HMI akan terwujud. Karena Allah Me-Ridhoi orang-orang yang berilmu juga senantiasa dekat kepadanya. Itulah kenapa 74 tahun lamanya HMI kita masih tetap bangga jadi kader HMI” semoga kanda Sukri senantiasa diberi kesehatan.

Hari ini alumni HMI yang biasa disebut KAHMI telah mengokohkan pendrian untuk pengabdian dalam bidang pendidikan dengan MOU pendirian Universitas Insan Cita Indonesia, saya yakin akan ada gebrakan baru entah itu di bidang ekonomi sosial atau politik mengapa saya yakin ? Karena ada alumni HMI di semua sektor itu.
Lagi lagi saya katakan saya yakin suatu saat nanti akan ada seseorang di istana negara yang lantang dalam mengikrarkan mission HMI dan dia duduk sebagai Presiden Republik Indonesia insyaAllah. Saya bangga jadi kader HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM, beriman berilmu dan beramal. YAKIN USAHA SAMPAI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *