Sinergi Pemkot dan Aparat, Gerak Cepat Tanggap Bencana di Tarakan

Tarakan, Kalpress – Apel Gelar Pasukan Tanggap Bencana 2020 dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Tarakan, pada Rabu (18/11/2020) untuk mengatisipasi bencana alam di wilayah.

Dalam apel yang dilakukan tersebut melibatkan sinergi antar TNI-Polri dan Pemerintah, sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di wilayah khususnya Kota Tarakan.

Bacaan Lainnya

“Merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat, tahun 2020 adalah tahun yang penuh tantangan, tahun ketika kita menghadapi fenomena pandemi skala besar yang belum pernah kita hadapi secara langsung sebelumnya.

Disamping itu bencana mulai dari kebakaran, banjir, tanah longsor dan musibah lainnya datang silih berganti di kota Tarakan yang bahkan sampai menimbulkan korban jiwa” ujar Walikota Tarakan Khairul, Rabu (18/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut dia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh pihak yang selama ini telah menunjukkan kesungguhan dan mencurahkan energinya dalam penanggulangan bencana di Kota Tarakan, mulai dari unsur SAR, TNI/Polri, unsur OPD dan para relawan. Sinergi yang telah ditunjukkan telah memberikan manfaat besar dalam penanganan bencana di Kota Tarakan.

“Saya percaya bahwa dengan keberadaan saudara sekalian dapat semakin memberikan rasa aman di tengah masyarakat” katanya.

Sementara itu Komandan Kodim 0907/Trk Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto melalui Danramil Mayor Inf Sarwono mengatakan Apel Gelar pasukan ini dilaksanakan mengetahui kekuatan kesiapsiagaan pasukan dalam menghadapi bencana.

“Dihadapkan dengan perubahan cuaca yang sering terjadi akhir-akhir ini di Kaltara membuat kita harus benar-benar siap mengantisipasi terjadinya bencana” ujarnya.

Apalagi ditengah Pandemi saat seperti ini, diperlukan langkah proaktif dari seluruh stakeholder untuk membantu masyarakat sesuai dengan UU nomor 24/2007 tentang Penggulangan Bencana yang bertujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana. (RB/RMA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *