Pakai Vaksin Moderna dari AS, Nakes di RSUD Mulai Disuntik Vaksin Dosis Ketiga

dr. Franky Sientoro Sp.A Suntik Vaksin Nakes RSUD Kaltara

Pakai Vaksin Moderna dari AS, Nakes di RSUD Mulai Disuntik Vaksin Dosis Ketiga

dr. Franky Sientoro Sp.A Suntik Vaksin Nakes RSUD Kaltara

Tarakan, Kalpress— Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) mulai melakukan vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster Covid-19 bagi para tenaga kesehatan di lingkungan RSUD, Tarakan, Kalimantan Utara. Pelaksanaan vaksinasi tersebut dilakukan Senin, 12 Agustus 2021.

Bacaan Lainnya

“Hari ini kita lakukan vaksinasi untuk Tenaga Kesehatan (nakes) yaitu vaksin ketiga booster pertama dengan menggunakan vaksin moderna, kita lakukan hari ini sebanyak 160 Nakes” Ungkap dr. Franky Sientoro Sp.A kepada Kalpress.id saat ditemui di RSUD Kaltara, (12/08/2021).

Dia menyebutkan, untuk sementara vaksinasi ketiga untuk para nakes yang menggunakan vaksin Moderna, nantinya vaksin moderna ini juga akan diberikan pada masyarakat umum.

“Sementara ini untuk Nakes, dan nantinya akan diperuntukkan masyarakat umum juga yang booster ketiga, saya juga bicarakan dengan Dinas Kesehatan kita dapat 80 ribu dosis moderna, artinya Nakes jumlahnya kan tidak sampai 80 ribu, difase selanjutnya mungkin masyarakat yang booster dapat moderna, atau yang belum sama sekali divaksin” Ujarnya.

Kendati demikian, dr. Franky yang merupakan ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) daerah Kaltara ini mengatakan, vaksin yang digunakan memiliki kelebihan yang berbeda, efek samping yang berbeda, dan tingkat efikasi yang berbeda.

“Mungkin tekniknya kalau sinovac dia melemahkan seluruh virusnya, sedangkan moderna dengan menggunakan DNA nya jadi bagian dari pada virus tersebut, masing-masing punya kelebihannya sendiri-sendiri”

“Dan untuk tingkat efikasinya kalau sinovac itu sekitar 65 persen, sedangkan moderna lebih tinggi sedikit sekitar 90 persen” Tutupnya.

 

Penulis : Ahmadnurmansyah

Editor : Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *