Kerjasama Pertahanan, Trilateral Air Patrol Indomalphi Perbatasan Kembali Digelar

Kerjasama Pertahanan, Trilateral Air Patrol Indomalphi Perbatasan Kembali Digelar

Bacaan Lainnya

Tarakan, Kalpress – Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Anang Busra Tarakan menggelar Trilateral Air Patrol yang dilaksanakan oleh tiga negara yang disebut Indomalphi.

Patroli udara melibatkan tiga negara tetangga yaitu Indonesia, Malaysia dan Filiphina dengan menggunakan Pesawat Alfa 2904.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Anang Busra Tarakan, Kalimantan Utara, Kolonel Pnb Somad mengungkapkan bahwa kegiatan patroli Indomalphi ini rutin dilakukan pertiga bulan.

“kegiatan ini seyogyanya rutin yang kita laksanakan per tiga bulan namun tidak menutup kemungkinan apabila ada eskalasi atau pergerakan-pergerakan baik itu di udara maupun di laut kita laksanakan patroli dan Alhamdulillah ini pesawat kita sudah berangkat dari Halim kemarin sudah sampai di Lanud Anang Busra dan hari ini patroli”, Kamis (17/06/2021).

Untuk wilayah yang di dalam pengawasan patroli kali ini ialah area-area perbatasan dengan Malaysia.

“tadi pagi dilaksanakan ke area Balikpapan kemudian ke area-area tertentu yang sudah ditentukan yang jelas itu area perbatasan antara Malaysia dengan Indonesia”.

Adapun personil yang terbang untuk patroli bersama pesawat Alfa 2904 ini sejumlah 9 personil, 7 awak pesawat dengan 2 awak khusus dari Dinas Pemotretan Udara TNI AU (Dispotrud AU).

Sementara itu, Pilot dari pesawat yang biasa disebut Kelong 04, Komandan Iskandar menjelaskan terkait pelaksanaan patroli selama di udara.

“Untuk teknis pelaksanaannya sendiri kita take off dari Lanud Anang Busra melaksanakan patroli dengan ketinggian 1500 ft di atas permukaan air kurang lebih selama 1 setengah sampai dua jam.

“Untuk koordinasi yang telah kita lakukan yaitu bersama angkatan lain baik Polisi, Angkatan Laut dan satuan-satuan lainnya yang telah ditunjuk oleh Trilateral Air Patrol” Tutupnya.

 

Penulis : Endah Agustina
Editor : Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *