Gangguan Jaringan Beberapa Hari, Ini Penjelasan Telkom Kaltara.

Tarakan, Kalpress – General Manager PT Telkom Wilayah Kaltara Kasirun mengungkapkan, proses perbaikan jaringan internet kabel bawah laut, yang terputus sejak awal Oktober 2020 lalu, masih dalam proses perbaikan oleh tim dari Kapal Nusantara Explorer.

“Penyambungan kabel bawah laut yang putus itu sekitar 12 km dari Balikpapan, kita pastikan dalam waktu dekat sudah bisa selesai, ” kata Kasirun, Sabtu (24/10/2020).

Bacaan Lainnya

Kasirun menjelaskan, untuk pengalihan jaringan internet kabel darat ke jalur laut membutuhkan waktu. Hal ini, karena adanya masa transisi setelah dilakukan penyambungan sehingga, tim terlebih dulu harus memastikan penyambungan tersebut sudah layak untuk operasional.

Pada proses perbaikan ini, tim teknik di Kapal Nusantara Explorer sedang mempersiapkan perpindahan rute yakni kabel darat ke laut.

“Kita masih melakukan monitoring kembali untuk memastikan kabel sambungannya itu sudah dalam kondisi siap, kalau ada ditemukan bengkokan maka akan dipertimbangkan kembali sehingga tidak menimbulkan masalah lain. Pekan depan peralihan rute ini sudah dipastikan akan dikerjakan” tuturnya.

Setelah perbaikan selesai, selanjutnya dilakukan proses peralihan rute dari jalur darat dapat memakan waktu selama dua hari.

“Saat kabel bawah laut putus, jaringan memang dipindahkan ke jalur darat. Planing kita bisa kurang dari 2X24 jam pengalihannya karena dilakukan secara bertahap, perpindahan dan overload memang akan berdampak tapi akan dilakukan pada pukul 00.00 hingga 04.00 Wita, jadi tidak terasa trafik gangguan” jelasnya. (RB/RMA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *