LISAN Dorong Pemuda Kaltara Terus Berkarya Lewat Menulis

LISAN Dorong Pemuda Kaltara Terus Berkarya Lewat Menulis


Tarakan, Kalpress— Launching buku dalam parade puisi IV yang digagas salah satu komunitas Literasi dan Seni Anak Indonesia (Lisan) di Perpustakaan Daerah, kota Tarakan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan launching buku sekaligus penayangan film dokumenter ini yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tarakan, Hamid Amreen, Jumat 18 Juni 2021.

“Tujuan dari launching buku ini ialah untuk memperkenalkan bahwa pemuda kaltara mampu menulis buku dengan skill yang berbeda dengan kemampuan yang berbeda namun satu tujuan” Jelas Lisa Ketua TBM Lisan kepada kalperss.id (18/06/2021).

Kegiatan yang bertemakan Sajak Karya dalam Memori Semesta ini bermaksud untuk menumbuhkan semangat dalam berkarya.

“Sesuai dengan tema ini, jadi dalam beberapa sajak itu yang kami jadi kan karya dalam bentuk buku, dan harapan kami dan pemuda pemuda mampu menuliskan sebuah buku, mampu mengutarakan dalam bentuk tulisan, walaupun jasad kita nanti tidak ada, buku lah yang menjadi perantara tentang kita” tambahnya.

Tidak mudah bagi seseorang untuk menjadi penulis mungkin ada beberapa hal memang yang perlu dilakukan agar tidak putus dalam perjalanan menulis ataupun menyelesaikan naskah.

“Jadi sebelumnya saya juga masih belajar, dan ini buku perdana saya, jadi anggap saja buku perdana ini sebagai tanda bahwa kita sudah memulai, tidak ada tulisan yang menarik tanpa diedit, jadi jangan pikirkan bahwa tulisan kita tidak menarik” ungkap Lisa salah satu pemilik buku Semoga Tuhan Setuju.

Lisa yang merupakan mahasiswa ini menambah kan, ia tidak sekadar menulis, tetapi dalam isi buku juga ada pesan moral tersendiri bagi pembaca, apalagi sebagian penulis juga memiliki ketakutan tersendiri dalam hal menulis.

“Ketakutan itu pasti ada karena kita mengkhawatirkan kritik yang bisa merusak kita, itu salah satu ketakutan saya dalam menulis, namun saya berkomitmen saya menulis bukan hanya eksistensi saja cuman bukan sekadar itu tetapi harapan saya bisa bercerita walaupun saya tidak ada didepan mereka, jadi ketakutan ketakutan itu bukanlah penghalang tetapi penguatan diri sendiri” Tutupnya.

Ada tiga buku yang launching dalam kegiatan ini, diantaranya ialah, Merajut kata untuk Bumi Paguntaka karya Jowasrian Jumadi, Agent Of Independent karya Adinda Rahmadhani, dan Semoga Tuhan Setuju karya Lisa, karya karya ini dibuat anak muda hebat Kalimantan Utara.

Penulis : Ahmad Nur
Editor : Redaksi Kalpress.id

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *