Fiber Optik Smart City Wujudkan Efisiensi Pelayanan dan Sistem Pemantauan Publik CCTV 

Walikota Tarakan dr. Khairul., M.Kes

Fiber Optik Smart City Wujudkan Efisiensi Pelayanan dan Sistem Pemantauan Publik CCTV 

Walikota Tarakan dr. Khairul., M.Kes

Tarakan, Kalpress – Utilitas Fiber Optik (FO) yang digaungkan untuk Smart City Kota Tarakan telah resmi direalisasikan.

Bacaan Lainnya

Diungkapkan langsung oleh Walikota Tarakan, dr. Khairul, M. Kes, bahwa pemasangan fiber optik ini telah berada diarea protokol kota.

“Jadi tahun ini kita ada beberapa titik yang sudah kita pasang terutama di daerah-daerah protokol dan beberapa juga saya minta tadi supaya bisa diakses melalui fiber optik ini” Terangnya Rabu (16/06/2021).

Khairul juga mengungkapkan bahwa sistem ini telah dimulai sejak tahun lalu yakni melalu Perumda Telekomunikasi yang membangun fiber optik sepanjang 15 Kilometer.

Lebih jauh, Khairul juga akan mengembangkan fiber optik ini menjadi sebuah sistem pemantau publik atau Closed Circuit Television (CCTV) yang akan merekam dan mengawasi aktifitas masyarakat dibeberapa daerah di kota Tarakan.

“Kalau untuk penggunaanya memang kita sekarang gunakan diarea internal dulu walaupun nanti akan ada pengembangannya, di samping itu dalam rangka konteks smart city nanti ada rencana untuk pengembangan CCTV dan sebagainya yang akan memantau publik seperti lalu lintas, keamanan dan kebersihan kan kalau ada yang buang sampah sembarangan ketahuan”.

Terakhir, Khairul mengharapkan bahwa nantinya jaringan FO ini haruslah digunakan untuk kepentingan dinas.

“Jadi memang tujuan utama kami harus memang terkontrol semua dengan sistem ini dan harapannya di jam kerja tidak ada lagi yang menggunakan bandwidth untuk main game, main FB apalagi main judi online” Tutupnya.

 

 

Penulis : Endah Agustina

Editor : Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *