Sektor Jasa Kesehatan dan Sosial Alami Pertumbuhan Tertinggi di Tarakan

Sektor Jasa Kesehatan dan Sosial Alami Pertumbuhan Tertinggi di Tarakan

Bacaan Lainnya

Tarakan, Kalpress — BPS (Badan Pusat Statistik) Tarakan mencatat perekonomian per-triwulan I-2021 terkontraksi sebesar 1,23 persen dibanding triwulan I-2020.

Kepala BPS kota Tarakan Imam Sudarmaji menjelaskan saat dikonfirmasi Senin, (24/01/2021) di kantor BPS kota Tarakan.

“Sekarang ini sampai triwulan I dulu, untuk April-Mei belum, kita harus mengumpulkan data-datanya dulu, jadi selama ini kegiatan kota Tarakan itu, kita pantau hanya setahunan, kalau Provinsi bisa triwulanan”.

Ekonomi Kota Tarakan triwulan I-2021 terhadap triwulan I-2020 terkontraksi sebesar 1,23 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 9,08 persen.

“Untuk posisi Tarakan di triwulan I Januari, Februari, Maret, jika dibandingkan dengan triwulan I tahun 2020 lalu kita masih minus 1,23 persen, jika dibandingkan triwulan IV 2020” Jelas Imam.

Ekonomi Kalimantan Utara triwulan I-2021 terhadap triwulan IV- 2020 tumbuh sebesar 0,38 persen. Dari sisi produksi, peningkatan disebabkan oleh beberapa lapangan usaha, diantaranya Informasi dan Komunikasi sebesar 3,89 persen dan Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 3,37 persen.

“Untuk perekonomian Tarakan mulai tumbuh, sudah ada tanda tanda positif 0,38 persen, jadi sepertinya kita sudah mulai bangun kembali akibat pandemi, untuk Tarakan sebelumnya itu minus 0,78 persen, dan sekarang mulai bangun, untuk perdagangan itu tidak terpengaruh masih dan itu positif, komunikasi, dan juga jasa kesehatan” Sambungnya.

Dalam hal ini ia juga mengakui pertumbuhan ekonomi Tarakan akan mulai bergerak di triwulan kedua tahun 2021.

“Saya sudah laporkan ke Pak Wali memang memahami seperti itu, karena belanja pemerintah kita memang belum mulai per-triwulan ini, karena sedang mempersiapkan izinnya itu, kemungkinan triwulan II mulai bergerak, mudah-mudahan belanja pemerintah bisa menyumbang perekonomian nanti” tutupnya.

Berdasarkan berita resmi statistik No. 08/05/6571/Th. VII, 17 Mei 2021, Di Kalimantan Utara, kontribusi ekonomi masih didominasi oleh Kota Tarakan sebesar 38,26 persen dan terendah Kabupaten Tana Tidung sebesar 5,84 persen.

 

Penulis : Ahmad Nur

Editor : Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *