Diputuskan Kamis 13 Mei, NU dan Muhammadiyah Lebaran Bareng

Diputuskan Kamis 13 Mei 2021, NU dan Muhammadiyah Lebaran Bareng

Bacaan Lainnya

Tarakan, Kalpress – Rukyatul Hilal atau pengamatan hilal menentukan Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah, dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada hari ini, Senin 11 Mei 2021.

Di kota Tarakan, pengamatan hilal berlangsung di Taman Berlabuh yang juga dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah kota dan ormas Islam di kota Tarakan.

Dalam hal ini, BMKG Kota Tarakan menjelaskan secara singkat perkiraan hilal yang terlihat pada hari ini pada saat matahari terbenam berkisar antara -5 derajat 13,77 menit. Sedangkan ketinggian hilal pada esok hari 5 derajat 22,75 menit.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tarakan, H. Shaberah menuturkan bahwa hilal belum dapat terlihat karena ada beberapa faktor.

“Ya seperti kita liat sendiri hilal tidak bisa terlihat karena pertama awan tebal sekali di bagian barat kita. Kedua kemungkinan hilal terlihat hari ini sangat kecil sesuai laporan kan -5 derajat sementara di bawah 2 aja masih sulit terlihat” tuturnya. (11/5/2021)

Meski demikian, H. Shaberah mengatakan, usai menunggu hasil sidang Isbat malam ini, Kementrian Agama Republik Indonesia, telah memutuskan Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021 (lusa).

“Sudah diputuskan, dan sesuai anjuran Rasulullah dibulatkan 30 hari puasa kita. Jadi InsyaAllah lebaran kita tahun ini bersamaan ya, dengan ketetapan yang biasa ditetapkan Muhammadiyah lebih dulu dan ormas-ormas lainnya, mudah-mudahan bisa lebih meriah kalau sama-sama begini NU dan Muhammadiyah berbarengan” Pungkasnya.

 

Penulis : Endah Agustina

Editor : Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *