Puncak Hari Pers Nasional 2021 di Tarakan, Tekankan Pers Sebagai Akselerator Perubahan.

Tarakan, Kalpress – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tarakan mengelar Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari. Perayaan tersebut diramaikan oleh Walikota Tarakan dr Khairul M.Kes , Dandim 0907 Kota Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto dan Ketua PWI Tarakan yang baru Andi Muhammad Rizal S.Pd.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri puluhan insan pers dari berbagai media di Kota Tarakan. Tidak lupa wartawan senior serta pengurus PWI Kaltara juga turut hadir mewarnai acara.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut walikota Tarakan Khairul mengucapkan terimakasih dan selamat memperingatai HPN 2021 dan Hut PWI ke 75 tahun kepada seluruh insan pers di Kota Tarakan.

“Saya sampaikan sangat berterimakasih kepada insan pers, media bersama pemerintah kota Tarakan memiliki hubungan baik,” terangnya.

Dijelasknnya, Insan pers selama ini sangat membantu pemerintah daerah khususnya dalam program pembangunan dan memberikan informasi kepada masyarakat. Di masa pandemi Covid-19 peran pers sangat dirasakan masyarakat untuk menyebar luaskan informasi baik itu edukasi maupun sosialisasi.

Lebih lanjut, mwnurutnya selama ini peranan pers sangat besar dalam membentuk opini di masyarakat. Sehingga ia mengingatkan kepada pers bahwa pentingnya menjaga aktualisasi berita dan tidak ikut menyebarkan hoaks ke masyarakat.

“Kode etik profesi, kode etik kewartawanan harus dijunjung tinggi. Karena, teman-teman pers bisa membangun opini masyarakat. Karena tingkat pendidikan masyarakat kita berbeda-beda, oleh karena itu masyarakat menyukai berita-berita hoaks dan segala macam. Tapi kalau baca di seluruh literatur dia paling bosan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Tarakan, Andi Muhammad Rizal menyampaikan di Hari Pers Nasional ini ia berharap semoga semua insan Pers dapat menjaga kaidah-kaidah jurnalistik dalam setiap peliputan. Selain itu, ia menegaskan tentunya pers harus menjaga martabat dan integritas sebagai penyambung lidah dan telingga masyarakat.

“Di Hari Pers Nasional ini tentu saya berharap semoga kedepannya pers kita semakin matang dan tetap menjalankan kaidah-kaidah jurnalisitik dalam peliputan. Selain itu diharapka semua insan pers dapat menjaga martabat profesi jurnalistik dengan tetap menjaga integritas,”

“Sebagai ketua PWI, saya melihat perkembangan pers di Kota Tarakan telah berjalan cukup baik. Dan pers selalu mempublish hasil dengan landasan dan sumber yang kuat dalam setiap berita,” pungkasnya. (KT/RMA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *