Aquascape Tarakan, Asyiknya Menata Ekosistem Bawah Air.

Tarakan, Kalpress – Bagi kalian pecinta ikan hias dan yang senang dengan kehidupan bawa air, tentu kalian sudah tidak asing dengan nama Aquascape.

Aquascape merupakan fashion yang mengajarkan penikmatnya menata kehidupan ekosistem bawa air di dalam aquarium. Saat ini, jumlah antusias masyarakat terhadap aquascape semakin meningkat di Kota Tarakan.

Bacaan Lainnya

“kalau bicara antusias bisa terbilang banyak untuk pecinta aquascape ini apalagi Aquascape ini kan seni bercocok tanam di dalam air dari tangan tangan kreatif bisa menciptakan karya yg luar biasa. Dan selain itu aquascape juga ini bisa menjadi obat tersendiri dikala suntuk atau bosan bisa menyegarkan pikiran kembali, karena seni dalam bercocok tanam tadi yang umumnya kita tau hanya bisa dilakukan di tanah tetapi ternyata bisa dilakukan di dalam aquarium juga,” ujar salah satu aquascaper (julukan pelaku aquascape) Andi Gunawan (27).(05/12/2020) kepada Kalpress.com

Ia menjelaskan, tumbuhan-tumbuhan pada aquascape tidaklah sulit ditemukan. Meski sebagian habitat tumbuhan aquascape terdapat di luar negeri, namun tidak sedikit tumbuhan familiar di Indonesia.

“Memang sebagian dari luar negeri seperti tumbuhan air di Amerika latin, Jepang lain-lain. Tapi, tumbuhan yang habitatnya di Indonesia juga banyak yang dipakai akuascape. Seperti Java Moss, Hygrophila Difformis, Lilaeopsis dan masih banyak lagi. Tumbuhan itu banyak di sekitar kita bahkan sering tumbuh liat di pinggiran aliran air,” terangnya.

Adanya stigma aquacape merupakan gaya hidup kelas atas, menurutnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Mengingat warga berpenghasilan rendah juga dapat menyalurkan hobi aquascape. Mengingat hanya bermodalkan akuarium, ikan dan tumbuhan hias yang ditata di dalamnya.

“Tidak tepat kalau ada yang bilang hanya orang kaya yang bisa main akuascape. Buktinya saya bukan orang kaya bisa. Menurut saya ini cuma soal kreatif kita dalam memanfaatkan tanaman sekitar dan menatanya. Karena standar syarat aquascape ini punya akuarium, ikan serta tumbuhan saja. Selebihnya kreatifitas kita sendiri,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini jumlah anggota dalam komunitas Aquascape di Kota Tarakan mencapai 42 anggota. Ia menjelaskan, sebenarnya jumlah tersebut belum termasuk jumlah pecinta Aquascape yang jumlahnya mencapai ratusan yang belum tergambung dalam Komunitas Aquscape Tarakan.

“Kalau jumlah nya untuk sekarang sudah 42 orang yg tergabung di anggota grup aquascape. Untuk kegiatan biasa sering ikut meramaikan pameran-pameran,” Tambahanya.

Dengan hadirnya komunitas Aquascape di Tarakan, diharapkan dapat membuat masyarakat yang gemar berkreasi di bawa air dapat bergabung dan membuat karya bersama-sama. (KT/RMA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Today, while I was at work, my cousin stole my iPad and tested to see if it can survive a twenty five foot drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is now broken and she has 83 views. I know this is totally off topic but I had to share it with someone! Barby Doyle Nilson