Tinjau Pasar Tradisional, IRAW Kagum Melihat Keragaman Pedagang

Tarakan, Kalpress – Dalam mengisi kegiatan kampanye, paslon nomor urut 2 yakni IRAW melakukan kunjungan ke salah satu pasar tradisional yang terletak di Kelurahan Selumit Pantai yang dikenal dengan nama Pasar Dayak Beringin, Selasa (13/10/2020) pagi.

Saat dikonfirmasi, Calon Gubernur (Cagub) Kaltara nomor urut 2, H.Irianto Lambrie terkesima melihat keanekaragaman etnis pedagang di salah satu pasar tertua di Tarakan tersebut. Menurutnya, pasar Dayak merupakan salah satu pasar yang unik selain lingkungannya cukup bersih, pasar dayak juga merupakan tempat berkumpulnya berbagai etnis yang berjualan.

“Pasar ini cukup bagus walaupun bukan dikelola pemerintah. Saya lihat sinergi antar daerah juga saling menguntungkan, lasar ikannya bersih, yang kedua saya lihat hubungan sosial antara pedagang sangat rukun, walaupun terdiri dari beberapa etnis pendatang ada orang Toraja, Dayak, Bugis,Jawa, Buton. Tentu ini sangat menarik,” ujarnya, Selasa (13/10/2020).

Bahkan ia menyebut jika Pasar Dayak dapat dijadikan salah satu objek wisata di Kota Tarakan. Meski demikian, ia menuturkan jika masih kurangnya fasilitas keamanan khsususnya bencana kebakaran. Sehingga ia menegaskan seharusnya pemerintah kota dapat memberi perhatian lebih untuk pasar Dayak meskipun Pasar Dayak dikelola oleh pihak swasta.

“Ini sebenarnya bisa dikemas untuk objek wisata. Jadi, secara latar belakang sosial kultural, antar pedagang sudah terbangun rasa kekeluargaan. Ketiga, paling penting saya rasa upaya pencegahan. Karena sudah sering terjadi kebakaran. (KT/RMA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *