Vaksin Moderna Efikasi 94 Persen, Prioritas Untuk Nakes di Kaltara

Sumber : Opini.id

Vaksin Moderna Efikasi 94 Persen, Prioritas Untuk Nakes di Kaltara

Sumber : Opini.id

Tarakan, Kalpress — Vaksinasi Covid-19 dosis tiga atau booster vaksin telah di distribusikan untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kalimantan Utara termasuk kota Tarakan.

Bacaan Lainnya

Mengenai hal ini, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi menjelaskan saat ini Kota Tarakan telah mendapatkan 100 vial Vaksin Moderna yang akan dibagikan kepada pelayanan kesehatan.

“Kita dapatnya 100 vial, 100 vial itu untuk 1400 orang, jadi satu vial itu untuk 14 orang, dan aturan untuk Moderna ini lebih cepat ya dari pada Sinovac ini, karena Moderna ini adalah kuman nya yang dilemahkan jadi penanganannya beda” Jelasnya Saat dikonfirmasi Kalpress.id (10/08/2021).

“Vaksin Moderna ini, diberikan dari Provinsi untuk tenaga kesehatan untuk dosis ketiga (booster), dengan ketentuan gerakan tiga bulan dengan suntikan kedua, juga tidak pernah terpapar Covid selama tiga bulan itu” Tambahnya.

Kendati demikian, dalam proses pendistribusian Vaksin Moderna, untuk nakes harus didata kembali, dan dihitung juga nakes yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin ketiga ini.

“Kenapa vaksin ini baru didistribusikan, karena kita harus menghitung dulu dan mendata, syaratnya jika ingin divaksin harus sudah dosis satu, kemudian jarak antara pemberian dosis dua ke dosis tiga itu minimal tiga bulan selama yang bersangkutan belum pernah terkonfirmasi positif namun seandainya ia (nakes) penyintas harus menunggu tiga bulan lagi” Terangnya.

Sementara itu, Saat dikonfirmasi Kalpress.id (10/08/2021), Direktur Utama RSUD Dr. Franky Sientoro, Sp.A., RSUD telah menerima 50 vial Vaksin Moderna diperuntukan bagi tenaga kesehatan, selanjutnya akan diberikan lagi Vaksin Moderna berikutnya demi meratanya vaksinasi bagi pelayanan kesehatan.

“Dari Dinas Kesehatan kita mendapat 50 vial Moderna untuk nakes RSUD, 50 kali 14 jadi sekitar 700 dosis lah, sementara di RSUD mendapat 50 dan Puskesmas 50 vial nya dibagi-bagi”.

“Proses vaksinasi nya kita atur jadwal dulu, kita mulai dari yang ruang tulip dulu lah yang banyak menghadapi Covid, kemungkinan Rabu atau Kamis, kita atur jadwal dulu lebih cepat lebih baik” Tutupnya.

 

Penulis : Ahmad Nur

Editor : Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *