Potensi Pariwisata di Kaltara Perlu Terapkan Zonasi Sektor

Pengamat Ekonomi : Kaltara Perlu Terapkan Zonasi Sektor Untuk Tingkatkan Potensi Wisata Kaltara

Tarakan, Kalpress – Potensi Kaltara yang kaya akan sumber daya alam, budaya dan sejarah menjadi potensi besar daerah dalam kesejahteraan dan pembangunan daerah. Meski demikian, sejauh ini potensi tersebut belum terkelola secara maksimal khususnya pada potensi budaya dan nilai sejarah.

Saat dikonfirmasi, Pengamat Ekonomi Dr Margiyono S.E, M.Si menuturkan dalam memaksimalkan kekayaan daerah dari sektor Pariwisata diperlukan strategi dan analisis yang tepat, khususnya terkait zonasi sektor potensi daerah.

“Kalau semua daerah memasarkan potensi yang sama, maka akan ada persaingan dan kompetisi, untuk itu diperlukan zonasi sektor potensi daerah yang dikemas dalam sajian wisata Kaltara” jelasnya. (01/05/2021)

“Dengan adanya zonasi sektor, menurutnya hal tersebut dapat membuat daya tarik wisatawan semakin besar dengan beragamnya penawaran, seperti wisata perang dunia ada di Tarakan, wisata Alam di Malinau, Wisata budaya di KTT, wisata kerajaan di Bulungan, dan wisata lainnya di Nunukan” sambungnya.

Kaltara memiliki potensi yang hampir sama Kalimantan Timur (Kaltim) baik potensi alam, maupun budaya. Ia mencontohkan, Kabupaten Berau Kaltim mampu meraup hasil maksimal dengan memanfaatkan objek wisata dalam menghadirkan akses perhubungan.

Menurutnya, Hal tersebut tentu atas perjuangan pemerintah daerah dalam menjual keindahan objek wisata sehingga menimbulkan efek positif bagi pembangunan. (JRT/JO)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *