Sempat Macet Beberapa Hari, PDAM Tarakan Akan Tambah 3 Jalur Suplai

Sempat Macet Beberapa Hari, PDAM Tarakan Akan Tambah 3 Jalur Suplai

Tarakan, Kalpress – Semakin bertambahnya jumlah penduduk Kota Tarakan membuat semakin banyak pula pengguna air bersih setiap harinya. Kondisi tersebut tentu perlu diikuti dengan penambahan fasilitas PDAM Tirta Alam Tarakan.

Dalam sebuah hearing belum lama ini, Kabag Umum PDAM Tirta Alam Tarakan, Muhammad Jufri mengakui jika sejauh ini cukup kewalahan dalam memenuhi kebutuhan air masyarakat. Sehingga pihaknya berencana untuk menambah jalur utama dalam pendistribusian air.

“Kami akui saat ini memang kami masih terkendala soal distribusi. Seperti beberapa tempat masih tidak mendapatkan distribusi air yang maksimal. Karena memang, kami di wilayah barat memiliki 2 jalur namanya jalur Yos Sudarso dan jalur Sebengkok,”

“Dengan adanya beban tersebut, artinya perpompaan kami secara teknis, beberapa waktu yang lalu mengalami gangguan. Sehingga kami harus melakukan review kembali,” terangnya, (20/04/2021) lalu.

“Ada beberapa tempat, yang seyogyanya itu mengalir, sekarang itu belum mengalir khususnya di Jembatan Bongkok ujung. Tapi kami akan melakukan rencana membagi 3 zonasi. Sehingga membuat beban-beban di satu jalur itu akan terkurangi, agar pendistribusiannya bisa lebih maksimal,” lanjutnya.

Selanjutnya, pihaknya juga terus mengupayakan terealisasinya rencana interkoneksi Embung yang telah direncanakan sejak lama. Jika interkoneksi dapat dilakukan, maka hal tersebut dapat mencegah kekosongan air pada salah satu penampungan.

“Kami berharap bahwa air baku yang maksimal, bisa disuplai. Beberapa opsi dilakukan oleh SDA Dinas PU dengan kami mencoba mengusulkan ada jaringan perpipaan yang bisa mensuplai ke Kampung Bugis. Dari Embung Rawasari ke pipa Kampung Bugis. Ini yang kita harapkan, agar optimalisasi produksi kami bisa maksimal,” pungkasnya. (JRT/ICB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *