Jelang Ramadhan 1442 H, BKP Kelas II Tarakan Tingkatkan Pencegahan Penyakit Pada Sayuran

Jelang Ramadhan 1442 H, BKP Kelas II Tarakan Tingkatkan Pencegahan Penyakit Pada Sayuran

Tarakan, Kalpress – Kepala Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Tarakan drh. Akhmad Alfaraby mengungkapkan, masuknya bahan pangan dari berbagai daerah menjelang Ramadhan ke kota Tarakan, menjadi perhatian serius oleh pihaknya.

Meski demikian, ia mengakui sayur-sayuran yang masuk terpantau masih normal, namun harus tetap diwaspadahi jangan sampai ada yang memiliki penyakit dan sampai dikonsumsi oleh masyarakat.

“komoditas kita yang masuk seperti tadi sayur-sayuran, produk-produk hewan kayak telur, tapi sejauh ini masih aman dan normal. Tapi kami sampaikan bahwa tugas pokok dan fungsi karantina itu pencegahan penyakit” tutur Akhmad.

Akhmad juga menjelaskan bahwa proses pemeriksaan bahan pangan yang masuk haruslah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

“Apabila terdapat hal yang tidak dipenuhi oleh prosedur misalnya tidak adanya sertifikat yang menyatakan bahan pangan itu sehat kami tidak akan release, atau persilahkan beredar”.

Ditanyakan mengenai personil yang dimiliki, Akhmad mengakui, BKP Tarakan memiliki SDM sebanyak 38 orang untuk menjaga wilayah Kaltara plus Berau.

“Kalau di Karantina dokter hewannya ada, dokter tumbuhan juga ada, sarjana hama penyakit ada. Jadi, meski sebenarnya sedikit kita tetap maksimal dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat” tutupnya. (ENH/ICB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *