Jangan Ketinggalan, PPDB Online SLTA Dibuka Hingga 20 Juni 2021

Jangan Ketinggalan, PPDB Online SLTA Dibuka Hingga 20 Juni 2021

Tarakan, Kalpress – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kembali dibuka pada tanggal 3 sampai dengan 20 Juni 2021 mendatang.

Pendaftaran PPDB ini dilakukan secara online untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. PPDB ini dibuka untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara Cabang Tarakan, Akhmad Yani menuturkan, panjangnya waktu pendaftaran ini memberikan kesempatan bagi para siswa dan orang tua untuk dapat melengkapi dan mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

“Ini pendaftaran nya 24 jam jadi mengantisipasi seluruhnya, ada proses verifikasi juga cek ricek oleh teman-teman operator. Biasanya juga kita di Tarakan kompleks lah persoalannya sehingga dengan waktu yang lebih panjang ini memberikan keleluasaan kepada pendaftar untuk sebelum melakukan pendaftaran mempersiapkan berkas-berkasnya” (31/05/2021).

Yani juga mengungkapkan untuk kali ini ada beberapa sekolah swasta yang bergabung dalam PPDB secara online.

“Ini online semua bahkan sekolah swasta yang bersedia juga ini bergabung diantara SMA Muhammadiyah, SMA Hang Tuah, SMK Kesehatan Kaltara dan ada beberapa sekolah juga yang bergabung”

“Yang tidak bergabung ada juga seperti sekolah yang berasrama misalnya Budi Utomo, Muhammadiyah Boarding School tapi itu semua tetap terdata karena kan kaitannya dengan daya tampung juga” Imbuhnya.

Lebih jauh, Yani menjabarkan kuota atau daya tampung Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Kota Tarakan mencapai kisaran angka 4000 siswa.

“Daya tampung SLTA sendiri 4.000an ya untuk swasta dan negeri, untuk Tarakan sementara lulusan ini 3.700an, untuk jumlah sekolah dibawah koordinasi cabang ada 25 tidak termasuk bunyu 2 dan SLB ini khusus tarakan berarti 22”.

 

 

Penulis : Endah Agustina

Editor : Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *