Antisipasi Kecelakaan Laut, KNTI Usulkan Program Rutin Edukasi dan Pembekalan ke Nelayan

Antisipasi Kecelakaan Laut, KNTI Usulkan Program Rutin Edukasi dan Pembekalan ke Nelayan

Bacaan Lainnya

Tarakan, Kalpress – Ketua Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kaltara Rustam mengusulkan adanya program bimbingan kepada nelayan tradisional secara berkelanjutan dalam meminimalisir kecelakaan laut yang sewaktu-waktu dapat menimpah nelayan.

“Jadi sudah banyak langkah atau antisipasi-antisipasi yang kita sampaikan. Termasuk kita pernah kerjasama dengan BMKG yang selalu memberikan informasi prediksi cuaca. Kemudian kami juga pernah mendapatkan bantuan pelampung untuk mengantisipasi kecelakaan. Tapi itu bukan program rutin, jadi hal-hal semacam ini yang kita harapkan berjalan rutin,” ungkapnya, (30/05/2021).

Menurutnya, permohonan secara tertulis belum pernah dilakukan, namun pihaknya hanya selalu menyampaikan secara lisan setiap bertemu dengan pemangku kepentingan dan juga perwakilan rakyat.

“Kami mau sampaikan, sebagian besar nelayan hanya turun ke laut bermodalkan keberanian dan pemahaman autodidak secara turun temurun. Jadi sangat penting pembekalan, edukasi, mengenai keselanatan diri ke nelayan-nelayan ini”, sambungnya.

“Saya kira ini sangat perlu, karena kondisi di laut sering ekstrim. Karena pekerjaan nelayan ini langsung bersentuhan dengan alam sehingga kami sangat memerlukan bimbingan dan edukasi kepada pemerintah,” tutupnya. (JRT)

 

Editor : Redaksi Kalpress.id

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *