Idulfitri 2021, Kembali Fitrah Meski di Tengah Pandemi Covid-19

Idulfitri 2021, Kembali Fitrah Meski di Tengah Pandemi Covid-19


Tarakan, Kalpress – Momentum Perayaan Idul Fitri tidak lepas dari Salat Ied. Yang mana pelaksanaan sholat ini dilakukan secara berjamaah di masjid atau ditempat yang lapang.

Bacaan Lainnya

Dalam situasi yang masih pandemik, pemerintah menghimbau untuk aturan sholat Idul Fitri agar tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

Walikota Tarakan, dr. Khairul, M. Kes yang juga menjadi khatib pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Baitul Izzah Islamic Center menjelaskan bahwa kondisi penerapan protokol kesehatan 90% telah diterapkan.

“Saya kira alhamdulillah sih 90% karena hari ini kan hujan. Tadi kalau kita lihat sih evaluasi nya satu keluarga itu bareng, anak ibunya gitu karena kalau kita liat tadi kan crowded tapi kalau dilantai 1 lantai 2 protokol kesehatanya” Terangnya, Kamis (13/05/201).

dr. Khairul juga menuturkan makna Lebaran tahun ini sesuai yang dikatakannya pada saat khotbah.

“ada 3 pesan ya pesan ramadhan yang harus dijaga yang pertama pesan moral, ini bagaimana mengontrol nafsu syahwat yang kedua pesan sosial kalau kemarin itu rame-rame yang mampu yang tidak mampu berlomba-lomba membayar zakat, yang ketiga pesan jihad, jihad ini jangan diartikan pertumpahan darah, jihad ini bagaimana memperbaiki tatanan sosial nah jihadnya diarahkan kesitu” tuturnya

Terakhir, khairul menegaskan bahwa pemerintah telah mengeluarkan edaran untuk tidak open house yang memicu terjadinya kerumunan.

“sudah ada edarannya, menteri dalam negeri itu tidak memperbolehkan pejabat untuk open house tetapi untuk keluarga dan kerabat dekat bisa untuk hanya silaturahmi dengan tetap memperhatikan prokes ya tetapi terbatas, kalau open house kan kerumunan itu yang berbahaya” Pungkasnya.

Penulis : Endah Agustina
Editor : Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *