Pembinaan Menuaikan Hasil, Ini Perolehan Juara Kota Tarakan Pada MTQ Kaltara 2021 

Pembinaan Menuaikan Hasil, Ini Perolehan Juara Kota Tarakan Pada MTQ Kaltara 2021 

Tarakan, Kalpress – Kota Tarakan berhasil naik ke peringkat dua dari lima Kabupaten Kota se-Kalimantan Utara, pada Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) VI tingkat Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2021 kemari.

Berlangsung virtual sejak Senin, 14 Juni sampai Sabtu, 19 Juni 2021. Hingga pengumuman lomba dan penutupan diselenggarakan juga virtual dari Kabupaten Bulungan, secara resmi ditutup oleh Gubernur Kalimantan Utara Drs. H. Zainal A Paliwang, SH, M. Hum, pada hari Minggu (20/06/2021).

Ditemui diruang kerjanya, Sekertaris Umum LPTQ Kota Tarakan H. Asmawan, S.Ag menjelaskan, Kafilah Kota Tarakan mampu meraih Juara I dari 11 cabang, Juara II dari 11 cabang, Juara III dari 11 cabang.

“Total nilai yang diraih oleh Kafilah Kota Tarakan 99 terpaut 9 angka dari Kabupaten Bulungan yang mendapatkan nilai 108 dan menduduki peringkat pertama pada (MTQ) VI tingkat Provinsi Kalimantan Utara.” Jelasnya Senin (21/06/2021).

H. Asmawan, S.Ag menambahkan, meski demikian, pengumuman yang dibacakan Panitia MTQ Ke VI Tingkat Prov Kalimantan Utara, Kontingen Kota Tarakan berhasil naik peringkat secara umum.

“Ya, pada MTQ ke V tingkat Provinsi tahun 2020 sebelumnya, Kafilah Kota Tarakan berada pada peringkat ke V dari lima Kabupaten Kota se-Kalimantan Utara, Alhamdulillah pada tahun ini, kami dari Kafilah MTQ Kota Tarakan berhasil menduduki peringkat ke II dari lima Kabupaten Kota Se-kalimantan Utara,”

Sekertaris Umum LPTQ Kota Tarakan H. Asmawan, S.Ag

Sambungnya, “tentunya ini semua adalah hasil dari pembinaan yang telah dilaksanakan oleh LPTQ Kota Tarakan dan dukungan dari Pemkot Tarakan yang menginstruksikan untuk melaksanakan TC yang dipusatkan di Masjid Raya Baitul Izza atau Islamic center usai pelaksanaan MTQ tingkat Kota Tarakan yang dilaksanakan satu bulan terjadwal,”

“Sehingga seluruh yang menjadi persiapan tersebut dapat dilaksanakan dengan matang, dan kami juga telah mendengarkan keinginan pengurus Masjid Raya Baitul Izza untuk bekerja sama dengan LPTQ Kota Tarakan guna menfasilitasi pelatihan menjelang pelaksanaan MTQ Kota Tarakan, yang rencananya oleh Asisten I Pemkot Tarakan akan dilaksanakan pada bulan Desember bertepatan dengan HUT Kota Tarakan.”

Ditanyakan mengenai kiat dari LPTQ untuk mengisi cabang lomba yang tidak diikuti oleh perwakilan dari Kafilah MTQ Kota Tarakan, Asmawan menjelaskan “betul bahwa ada beberapa cabang lomba yang tidak diisi oleh Kafilah Kota Tarakan seperti Tafsyir Bahasa Indonesia, kemudian Tahfidz 30 juz, dikarenakan peserta tersebut sedang mengikuti studi diluar Kota Tarakan.

Adapun perolehan juara masing-masing Kabupaten-Kota di Kaltara, Kabupaten Bulungan berhasil menjadi juara utama dengan perolehan nilai sebanyak 108, kemudian disusul Kota Tarakan dengan perolehan nilai 99, posisi ketiga adalah Kabupaten Nunukan dengan nilai 76. Sementara Kabupaten Malinau di posisi keempat dengan nilai 71 dan Kabupaten, dan terakhir Kabupaten Tana Tidung dengan perolehan nilai 58.” (*)

 

 

Sumber : Humas Kemenag Kota Tarakan

Editor : Redaksi Kalpress.id

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *