Dukung Wujudkan Smart City, PDAM Sediakan Aplikasi Untuk Permudah Pelanggan
Tarakan, Kalpress — Dalam upaya mendukung visi dan misi Wali Kota Tarakan dalam mewujudkam program Smart City, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Kota Tarakan menyediakan aplikasi yang memberikan layanan kemudahan bagi pelanggan.
Saat dikonfirmasi, Iwan Setiawan sebagai Direktur Utama PDAM Tirta Alam Tarakan membenarkan hal tersebut. Pihaknya menyediakan aplikasi untuk kemudahan mengecek tagihan yang dapat diunduh melalui playstore, yang rencananya akan launching serta disosialisasikan kepada masyarakat.
“Kita nanti akan launching diulang tahunnya kota Tarakan dan ulang tahunnya PDAM, nantinya masyarakat bisa mengecek tagihan airnya melalui aplikasi, bisa melakukan pengaduan melalui aplikasi, bisa melakukan sambungan baru melalui aplikasi, aplikasinya kita sudah selesai nanti kita akan sosialisasikan,” terangnya saat dikonfirmasi, Rabu (01/12/2021).
Melalui aplikasi yang akan launching tersebut, pelanggan dapat mengecek besaran tagihan untuk tiga bulan terakhir sehingga akan membantu pula mengetahui perbandingan pemakaian air dalam bulan tersebut.
Selain mengetahui informasi tagihan, juga tersedia layanan untuk mengetahui jumlah tunggakan dan layanan pengaduan.
Lebih lanjut, dikatakan Iwan, pihaknya berharap semua pelanggan PDAM membayarkan tagihan airnya tidak lagi datang ke kantor PDAM dengan pembayaran tunai tetapi non tunai di Bank yang sudah bekerjasama dengan PDAM diantaranya Bank KaltimTara, Bank BNI, Bank BCA, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BRI dan Kantor Pos. Dan untuk aplikasi bisa melalui Shopee, Link Aja, serta Indomaret.
“Sebelumnya kan datang keloket, kita memudahkan pelangangan atau masyarakat pembayaran lewat bank yang telah bekerja sama dengan PDAM serta menyediakan aplikasi yang memudahkan masyarakat,” jelasnya.
Kendati begitu, ia berharap kedepan masyarakat dapat menghemat dalam pengunaan air bersih, serta pihaknya berharap masayaray berperan serta dalam memberikan masukan, sehingga PDAM kedepan bisa dihandalkan dalam penyedian air bersih.
“Tentunya kedepan masyarakat bisa menghemat air, sementara Tarakan ini sumber airnya terbatas, masyarakat, dan juga masyarakat turut berperan serta memberikan masukan kepada PDAM, semoga PDAM ini kedapan bisa menjadi perusahaan bisa dihandalkan penyedian air bersih, dan masyarakat juga harus paham bahwa tarif PDAM itu masih sangat murah,” pungkasnya. (*)
Editor: Redaksi Kalpress.id