Kaleidoskop BMKG, Ini Catatan Cuaca Tarakan Sepanjang 2021

(Sumber: BMKG Tarakan)

Kaleidoskop BMKG, Ini Catatan Cuaca Tarakan Sepanjang 2021

(Sumber: BMKG Tarakan)

Tarakan, Kalpress – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tarakan menggelar rilis akhir tahun atau press converence akhir tahun 2021. Jumat (31/12/2021).

Bacaan Lainnya

Adapun yang disampaikan dalam release tersebut diantaranya pencatatan terhadap unsur cuaca, curah hujan tinggi, kelembapan udara, arah angin terbesar, serta pencatatan bencana besar karena cuaca tahun 2021.

Dalam hal ini, Kepala BMKG Kota Tarakan, Muhammad Sulam Khilmi melalui Forecaster BMKG Tarakan, Novira Ismi Handayani, menjelaskan bahwa curah hujan tinggi terjadi pada bulan Januari yakni 101 milimeter.

“Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Januari 101mm lalu tertinggi kedua diikuti pada pulan Agustus yakni 95.8mm,” jelas Novira.

Lanjutnya,”Untuk kelembapan udara selama 2021 memiliki rata-rata 86.72 persen. Kelembaban udara maksimum sebesar 97.75 persen dan kelembaban udara minimun 63.58 persen,” tambahnya.

Dijelaskan Novira, untuk udara maksimum sebesar 31.5 derajat celcius dan minimum 24.51 derajat celcius. Hal ini diamati pada ketinggian 1.20 hingga 1.25 meter dari permukaan tanah menggunakan termometer.

“Untuk suhu udara harian di Kota Tarakan yakni sebesar 27.51 derajat celcius. Adapun arah angin terbesar berasal dari wilayah Barat laut – Utara dengan kecepatan knot maksimum 8 dan minimum 5,” tuturnya.

Sementara itu, terdapat pula pencatatan bencana besar karena cuaca tahun 2021. Diantaranya, tanah longsor, banjir karena hujan dan banjir rob.

“Tanah longsor tanggal 6 Agustus lalu yang membuat satu orang meninggal dunia, banjir besar tanggal 23 September dan banjir rob di wilayah pesisir tepat tanggal 6 Desember lalu,” tandasnya. (*)

 

Editor: Redaksi Kalpress.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *