14 Tahun Berstatus ODHA, Anjelin tetap Semangat Demi Sang Buah Hati.

Tarakan, Kalpress – Hidup sebagai orang dengan HIV/AIDS (ODHA) memang bukan perkara mudah, dijauhi, dikucilkan bahkan mendapat dibenci orang lain mungkin mungkin pernah dirasakan setiap odha. Seperti halnya Anjelin (43) seorang Tarakan yang sudah 14 tahun menjalani hidup berstatus Odha.

Anjellin dinyatakan positif HIV Aids sejak tahun 2005 dari pemeriksaan rumah sakit usai melahirkan anak semata wayangnya. Ia kelahiran Samarinda 11 Desember 1976 tersebut mewarisi penyakit mendiang suami yang kerap melakukan aktivitas dengan jarum suntik.

Bacaan Lainnya

“Saya positif tahun 2005, saya terinfeksi dari almarhum suami saya. Sekitar 2 minggu habis melahirkan saya baru tahu saya positif. Karena suami saya pengguna jarum suntik,” terangnya, beberapa waktu lalu (29/11/2020).

Ia menceritakan, sejak masih berpacaran dengan suami, ia sama sekali tidak mencurigai adanya ciri-ciri aids pada kekasihnya tersebut. Sehingga tidak membutuhkan waktu lama ia melangsungkan pernikahannya kepada pria pujaan hatinya tersebut.

“Saya asli orang sini (Tarakan) terus saya kerja di Jakarta kemudian di sana ketemu sama almarhum suami saya. Terus saya menikah di Manado setelah itu saya kembali ke sini. Waktu pacaran itu yang pasti saya tidak tahu calon suami saya Odha, curiganya setelah kami menikah,” jelasnya

Namun di usia pernikahan yang batu seumur jagung, akhirnya menaruh kecurigaan kepada sang suami lantaran suami pernah merahasiakan hasil tes DNA setelah mendapat panggilan pengecekan dari rumah sakit.

“Saya punya anak tiri dari suami, waktu anak tiri saya yang berumur 2 tahun dirawat di rumah sakit karena ngedrop. Tiba-tiba pihak rumah sakit memanggil almarhum suami saya untuk tes darah. Dari hasil tesnya Ternyata almarhum suami saya positif dan waktu itu dia merahasiakan kepada saya,” terangnya.

Waktu terus berjalan dan akhirnya ia melahirkan anak pertama di salah satu rumah sakit negeri di Kota Manado. Dan setelah 2 minggu pasca melahirkan, ia baru mengetahui ternyata dirinya positif mengidap HIV Aids yang ditulari oleh sang suami. Sehingga ia shock dan belum bisa menerima kenyataan tersebut.

“Waktu itu saya berpikir Kenapa harus saya. Saya tidak macem-macem saya ibu rumah tangga biasa istilahnya tidak menyimpang lah. Yah mungkin ini takdir jalan hidup saya,” ujarnya.

Setelah merasa tidak nyaman, akhirnya ia kembali ke Tarakan dan berharap hasil tes tersebut sebuah hal yang keliru. Setelah itu ia kembali mengecek DNA dan berharap mendapatkan hasil berbeda. Namun nasi telah menjadi bubur hasil tersebut tetap menunjukan jika ia positif mengidap penyakit mematikan tersebut.

“Kasus penemuan odha yang pertama kali di Tarakan tahun 2005 itu kami. saya masih tidak percaya, bisa dikatakan, saya belum menerima kenyataan ini. Akhirnya saya tes lagi ternyata hasil tesnya sama,” ungkapnya.

Setelah beberapa setahun menjalani hidup berstatus odha, ia belum bisa menerima kenyataan tersebut. Selama beberapa tahun ia menghabiskan waktunya untuk mengurung diri di rumah. Hal tersebut dilakukan karena waktu itu dampak penyakit tersebut telah terlihat pada tubuhnya sehingga ia merasa malu untuk menampilkan diri di lingkungannya.

“Awalnya juga saya tidak percaya diri menjalani hidup. Saya dijauhi orang terdekat saya, bahkan keluarga saya sendiri. Jangankan keluar rumah bahkan untuk melihat keluar dari pintu saja saya takut. Sampai keluarga saya melarang saya mencium anak saya sendiri karena takut saya menularkan kepada anak saya. Awalnya saya sakit hati kalau dengar keluarga yang ingatkan,” tuturnya.

Meski demikin, ia rasa bahagia menghampirinya karena sang buah hati memiliki harapan selamat dari jeratan virus ganas tersebut. Meskipun ia dan suami positif mengidap aids.

“Setelah anak saya lahir saya diberi pilihan oleh dokter mau menyusui anak sendiri atau susu formula. Karena saya tidak mau menulari, akhirnya saya memilih susu formula. Setelah saya belajar-belajar tentang aids, saya baru tahu ternyata waktu itu anak saya dikasi obat pencegahan penularan nama obatnya profilaksis,” terangnya.

Ia sangat bersyukur lantaran sang buah hati tidak mengalami hal serupa dengannya, dan hingga kini memasuki usia remaja, anak laki-lakinya tersebut dapat menjalani hidup tanpa beban yang dihadapinya. Meski demikian, ia meyakini jika anaknya tersebut telah mengetahui penyakit yang diidapnya. Walau begitu ia mengaku belum siap untuk menceritakan langsung kepada anaknya.

“Sekarang ini umurnya jalan 14 jadi sudah kelas 2 smp. Setiap kali saya penyuluhan saya selalu bawa dia. Mungkin dia sudah tahu tapi mungkin dia pura-pura tidak tahu. Karena dia lah alarm saya untuk mengingatkan saya minum obat. Kalau untuk ngomong langsung sama  dia saya belum berani cuma,” tuturnya.

Ia menerangkan, hingga saat ini ia sudah menikmati hidupnya tanpa beban. Bahkan saat ini ia aktif di dalam gerakan kemanusiaan yang peduli terhadap sesama Odah. Kini ia aktif dalam kegiatan dan kerap menjadi pemateri dalam sosialisasi untuk memberikan motivasi kepada odha lainnya. Ia percaya tuhan memiliki rencana besar dalam setiap takdir yang digariskannya.

“Saya berpikir seperti ini, yang kasi saya makan bukan orang lain kok jadi buat apa saya harus takut dan malu pada mereka. Semua orang kan punya masalahnya sendiri,” tutupnya dengan senyum. “Spesial Hari Aids Sedunia 2020” (KT/RMA).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *